Home | Organisasi | Warta PiCA | Event | Tips'n Trik | Member | Galeri | Cari
 
WTS: Oli Mesin
Blok Tuas Persneling ANP
oleh: PiCA 0020 pada 2012-12-28 14:48:49
Lompat Ke Artikel

Mau share nih buat pemakai ANP (terutama yg M/T)

Saat mau parkir di mie Akung,  setelah makan siang RM Kairo tiba-tiba tuas gigi "ngeplos" kayak ada yang lepas. Gak bisa masuk gigi 1, 2 dan mundur. Kebetulan yg pegang kemudi temen ane. Sedikit panik. Berusaha tenang. Akhirnya ane ambil alih. Gak jadi makan lagi, diputusin mobil dibawa ke BeRes (Bengkel Resmi) KMI Bandung di Jl. Jakarta/A. Yani secara udah deket dari situ.

Berhubung gak bisa gigi 1, start dari gigi 3 rada report juga kalo pas stop. Apalagi mobil harus dimasukin ke BeRes yg posisinya lumayan naik dari jalan, padahal jalan lumayan padat.

Sampe BeRes, ane ceritakan kejadian dan masalahnya. Ane mencari pak Subur, KaBeng-nya. Ternyata beliau lagi cuti. Akhirnya ANP ane ditangani teknisi mas Budi.
 


Bagian tuas gigi dibongkar. Setelah dicek akhirnya ketemu ada per yg lepas (pedal_gigi02.jpg). Ternyata kejadian itu baru pertama kali dalam sejarah. Halah ! :) . Per dipasang lagi (pedal_gigi03.jpg). Tapi saat tuas-2 digerakkan lepas lagi. Jadi pipa yg memuat per-nya terdorong keluar dari lubangnya saat tuas-2 digerak-an. Trus ane bilang harusnya kan ada penguncinya (pedal_gigi04.jpg). Coba cari. Tapi dia yakin udah dicari gak ada. Dia bilang, iya biasanya ada ini kok modelnya beda gak ada lubang buat nguncinya.



Ane perhatikan mas Budi sedikit bingung. Tadinya per-nya mo dikasteminsasi. Trus ane bilang, gampangnya sih lihat aja ANP yg lain. Mas Budi setuju. Setelah bongkar bagian tuas gigi, tadaaaa ! ternyata bener. Dan masuk akal memang. Harus ada pengunci. Akhirnya dicari-cari ketemu penguncinya(pedal_gigi05.jpg).



Patah. Kok bisa? Mas Budi juga heran, soalnya itu bagian yg tak tersentuh, begitu mas Budi menyebutkannya. Ane tanya apa karena salah pemakaian? Yak gaklah, sahutnya. Dugaannya, ada kesalahan saat produksi.



Ternyata untuk membuka penguncinya susah amat. Udah dicongkel-congkel tetep gak bisa. Udah dipukul-pukul pipa yg dikuncinya gak bisa juga. Setelah dibantu teknisi lain, diputuskan ganti satu blok (pedal_gigi06.jpg) aja. Dan buat laporan serta dokumentasi untuk dilaporkan ke pusat.



Setelah diganti seblok. Hati rada tenang nih. Alhamdulillah ANP ane bisa dibawa balik ke kantor sore itu juga.

Shared by : Irwan PiCA0280


Komentar Baru
 

CAKRA IQBAL SLAMET (PiCA 0414)
Pada tanggal 2013-06-03 09:14:18

"wah mantap nih um. informatif skali. btw, biaya gantinya gratis ya um?"

YONKY PRANATA (PiCA 0571)
Pada tanggal 2014-11-01 22:03:49

"ada yang tau cara ngelepas shift knob anp matic ngga??? mohon petunjuknya ^^ thx"

 
    Edisi Maret 2019
Copyright © 2012 Picanto Club Indonesia | http://www.picanto-indonesia.com